berkubang kuburan

Pada akhirnya saya ditohok oleh kesadaran bahwa kuburan tidak hanya banyak bertebaran di daratan dunia ini. Di dunia maya, mungkin jauh lebih banyak lagi. Sepertinya, banyak kuburan dari orang-orang yang mati suri. Ada pula yang mati (usia) muda. Tapi yang paling tragis, kalau boleh disebut semelodrama demikian, adalah kuburan dari orang-orang yang melakukan bunuh diri. Untuk 1, 2, atau seribu 1 alasan, mereka melakukan harakiri (catat: bukan kanan) atas blog-nya.

Mungkin Anda menganggap ini urai berlebihan dan saya menuliskannya secara ambigu dan hiperbola. Tidak. Bagaimana semua perasaan tercurah dan darah bertumpahan. Saya tahu. Tahu sekali. Karena saya pun pernah melakukan bunuh diri ini. Seperti pelari sprint 100 m yang harus kembali ke titik start saat semua orang sudah berkumpul di garis 80 m. Seperti berdiri di tengah WTC saat peruntuhan terjadi. Seperti ditendang kingkong ke angkasa lalu moksa. Lalu semua itu hanya meninggalkan (pusara) sebuah kuburan, seperti image di atas.

Saya mengenang ini semua bukan sebagai keinginan untuk flashback atau bernostalgia atas penyesalan bunuh diri (saya), melainkan terpicu tandas kala mencoba menelusuri blog uletbulunaikdaun.blogspot.com Alhasil, saya hanya menemukan keping-keping reruntuhannya. Berserakan. Terkadang meninggalkan jejak nama (mantan) yang empunya blog itu, yaitu Nina. Meski pada akhirnya saya menemukan Multiply miliknya, tetap saja tak ada yang utuh lagi. Di MP itu, hanya ada pilihan Home dan Photos. Tak ada lagi blog. Tak ada lagi bahasa yang keluar dari hati dan pikirannya.

Mungkin memang sebaiknya kita menerima (nrimo) bahwa pada akhirnya, melalui cara apa pun, semua kita akan menghadapi kematian, berakhir di sebuah kuburan. Milik kita sendiri. Sendiri, dan sendirian…

Advertisements

One Response to “berkubang kuburan”

  1. Lely Says:

    Uletbulunaikdaun yang ada di blogspot emg lucu bgt. Saya suka banget sama bahasanya yang lugas. Pendek. Straight. Sedikit banyak malah saya ikutin di blog yang baru saya mulai (gak kreatip, hehehe…). Bisa di cek di http://punyalely.blogs.friendster.com/nine_lives/
    Sy dah liat blogny yg di multiply, tapi beda bgt. Pgn liat ilustrasi2ny yang keren. Tp kykny udh gada.

    Sayang bgt 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: