subprime mortgage

Berita “Krisis Keuangan Amerika” hari-hari belakangan ini lagi melejit naik daun. Jadi headline di koran-koran, sering muncul di tv-tv *kayaknya juga jadi topik ngerumpi ibu-ibu arisan :p Karena ini bukanlah sekadar “masalah di sono”. Hanya dalam hitungan hari, berita ini telah berubah menjadi “Krisis Keuangan Dunia”. Dan, dua kata: Subprime Mortgage, mencuat keren. Uff… ini apa sih? Nama menu baru di Pizza Hut?

Dengan IQ sejongkok kutukupret dan sok pinter setinggi Monas, saya mencoba mendeskripsikannya dalam tiga paragraf, mengintisarikannya dengan ge-er dari uraian Dandossi Matram di Kompas (3/10):

Subprime Mortgage (SM) adalah nama kredit perumahan yang persyaratannya dibuat mudah untuk menolong orang miskin memiliki rumah. Karena bunga bank murah, bisnis SM dan dan perumahan booming. Untuk mendapatkan dana, perusahaan SM menerbitkan surat utang dengan bunga lebih tinggi yang dibeli oleh investor kelas kakap dunia (bank, reksadana, dana pensiun, asuransi).

Tahun 2004-2007 bunga bank naik secara bertahap. Akibatnya, kredit perumahan mulai bermasalah. Banyak nasabah gagal bayar. Banyak rumah disita. Banyak pula yang memilih menjual rumahnya. Pokoknya, bisnis perumahan hancur. Karena itu, banyak perusahaan SM rugi. Investor yang membeli surat utang SM otomatis rugi besar. Nilai investasi mereka sisa 20%.

Di sisi lain, kebutuhan likuiditas tinggi. Karena tidak ada (1) capital gain dan (2) penerimaan cash flow dari pihak SM, maka untuk menutupi kebutuhannya, mayoritas investor terpaksa menjual sahamnya besar-besaran di seluruh dunia. Terempaslah pasar modal dunia.

Gitu deh. Masih bingung? Jangan ngambek ke saya dong. Lah wong Sarah Palin dalam debat cawapres barusan aja tak bisa menjawabnya, malah dengan lihainya dia alih topik ke masalah energi. Apalagi saya, yang cuma editor buku gokil :p

Advertisements

2 Responses to “subprime mortgage”

  1. caroline Says:

    duhh… pak khun sampeyan ngomong opo iki??
    saya cuman mo komen peluk gokilnya kerennn…
    mo ikutan pasang… hihihi…

  2. morningdew Says:

    @carol: variasi lain menu Super Supreme, tp yg ini pake potongan2 keju yg ditabur secara acak 😀
    peluk? oh, cuman ikutan klg teletubles, “berpelukaannn”
    mo ikutan pelukan juga? :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: