JK Rowling Belum Bisa ‘Move On’ dari Harry Potter

JK-Rowling-SUM_2348620bJK Rowling, pengarang serial Harry Potter yang terkenal itu, akan masuk ke industri perfilman selaku penulis skenario. Digital Spy melansir bahwa film perdananya akan berjudul Fantastic Beasts and Where to Find Them yang akan diproduksi oleh Warner Bros.

Membaca pemberitaan ini, dengan segala respek, salut, dan kagum atas karya bestseller dunianya, Harry Potter, kita dapat melihat bahwa pengarang Inggris ini meneguhkan kegagalannya untuk ‘move on‘ dari serial Harry Potter (HP).

Selepas menamatkan kisah HP, kita dibuat harus menebak-nebak ke arah mana JK Rowling akan melanjutkan jejak kariernya sebagai pengarang. Pada 27 September 2012, ia meluncurkan novel dewasa berjudul The Casual Vacancy dengan genre yang disebut Tragic Comedy. Kemudian, disusul buku kedua The Cuckoo’s Callingbergenre Crime Fiction.

Entah strategi bisnis atau bukan, The Cuckoo’s Calling diluncurkan dalam versi ebook lewat Kindle dengan nama samaran Robert Galbraith. Beberapa reviewer menduga, setelah belajar dari ‘kegagalan’ pada novel The Casual Vacancy, mendorong JK Rowling menulis genre yang identik dengan penulis pria itu, menggunakan nama samaran pria. Sampai satu titik menyambut terbitnya edisi cetak, dibukalah rahasia siapa sebenarnya pengarang bernama Robert Galbraith itu. Tentu saja, novel ini kemudian melambung dari segi penjualan.

Berbeda dengan The Casual Vacancy yang banyak menuai kritik dari para kritikus,The Cuckoo’s Calling justru sebaliknya, menuai pujian. Secara umum, JK Rowling disebut telah belajar dari ‘kesalahan’nya dan kemudian menulis dengan lebih baik pada novel ini.

Namun, kabar terbaru dari Digital Spy ini memperlihatkan bahwa JK Rowling tak dapat lepas dari pusaran sukses serial Harry Potter. Skenario film yang ditulisnya, akan mengangkat sisi lain dari kehidupan Harry Potter yang didasarkan pada sebuah buku pelajaran yang digunakan Harry Potter dan teman-teman sekolahnya.

Film ini diberitakan akan mengusung tokoh Newt Scamander, salah satu karakter dalam kisah Harry Potter yang berperan sebagai penulis buku pelajaran tersebut. Ditegaskan pula bahwa ini bukanlah prekuel atau sekuel dari serial Harry Potter, melainkan cerita yang berkisah tentang dunia sihir.

Dengan ‘meminjam’ dunia Harry Potter, diharapkan film ini akan menangguk sukses. Bos Warner Bros, Kevin Tsujihara, optimis akan hal ini. “Dia pengarang yang luar biasa. Memicu revolusi membaca di seluruh dunia. Kemudian menjadi fenomena di dunia film yang belum pernah terjadi. Kami tahu penonton akan bersemangat seperti kami untuk melihat imajinasi brilian dan tak terbatas dia dalam memunculkan kejutan,” tegasnya.

Baiklah kita nantikan saja kiprah JK Rowling dalam debutnya sebagai penulis skenario. Akankah ia menghasilkan skrip yang memukau seperti Harry Potter atau sekadar jalan pragmatis untuk meminjam sukses serial ini. (Sumber foto: www.telegraph.co.uk)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: